The Curious' Blog

Cuma sampah di Dunia Maya inih.. Kadang-kadang curhatan ga jelas.. Atau sedikit dokumentasi, sekedar pengingat sajah...

Nyang ini nihh.. Gambaran Arsitektur sederhana nya. Gw copas dai Blog nya Wibi, www.blog.cybergl.co.id Kalo mao puas baca kesono aja yak. Kekekeke. Kalo di Blog dia judulnya SERIS Behind The Scene. :D. Ini murni copas lho, jadi anggep aja si Wibi yang ngomong. Wkwkwkwkw..

Pada saat Harry Sufehmi menghubungi saya lewat telephone untuk bergabung dalam tim pengembang SERIS, itu terjadi satu bulan sebelum hari H pilpres. Harry menceritakan konsep SERIS bersama Riyogarta di Rooftop Plaza Semanggi.

Ketertarikan yang paling utama adalah ingin membuktikan bahwa TI bisa memberikan solusi dan bukan menjadi masalah seperti pileg tempo hari.

Satu hal yang saya tanyakan kepada Riyo sebagai orang IFES adalah apakah nanti ada interfensi dari IFES kepada kami tim pengembang SERIS. Riyo menjamin itu tidak akan terjadi. Tapi IFES juga minta kami untuk tidak membocorkan proyek ini ke publik selama proses pengembangan karena aspek politik dalam proyek ini sangat kuat.

Pengalaman IFES membantu demokrasi beberapa negara berkembang mengatakan proyek ini sangat riskan. Rata rata negara berkembang membatalkan proyek pada saat saat akhir, dan alasan mereka adalah karena penghitungan suara melalui SMS terlalu transparan. Bahkan ada negara yang hasil pilpresnya sudah diketahui sehari sebelum pemilihan. Parah.

Saya tidak mau Indonesia seperti itu, oleh karena itu ketika KPU membuka pintu masuk proyek ini melalui IFES saya tidak pikir dua kali. Kesempatan ini harus diambil dan dikerjakan dengan sebaik mungkin. Kami bergerak cepat, siang malam melakukan perencanaan, design dan implementasi dengan metodologi extreme programming. Berbagai macam kendala kami temui yang akan saya ceritakan disela sela pemaparan saya.

Pada tulisan ini saya ingin memaparkan proses kerja dari SERIS pada tingkat konsep. Bisa dilihat dari diagram dibawah ini. Ada empat aktor dalam lima tahap proses. Aktor tersebut adalah KPPS, SERIS, Telkomsel dan KPU. Masing masing aktor ini harus mampu berkerja sama dan berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal.

ZONA 1

Pada tahap awal di ZONA 1 ada dua aktor yang berperan: SERIS dan KPU. SERIS akan men-generate keycode untuk di sebar ke seluruh KPPS guna kepentingan proses registrasi. Keycode dibutuhkan untuk mengenali wilayah dan nomor TPS mereka. Dalam keycode ada informasi wilayah kabupaten. Idealnya dalam keycode sudah terkandung informasi hingga tingkat kelurahan tapi KPU tidak memiliki data tentang sebaran jumlah TPS di tingkat kelurahan. KPU hanya memiliki data jumlah TPS pada tingkat kabupaten.

Keberhasilan ditahap awal akan sangat mempengaruhi keberhasilan ditahap selanjutnya. Dampaknya adalah KPPS diminta memasukkan kode kecamatan dan kode kelurahan dari daftar kode pada sistem SITUNG yang dibuat oleh tim ahli KPU dari BPPT. Kode tersebut telah digunakan oleh KPPS pada sistem ICR di pileg kemarin.

Kode keycode diberikan kepada KPU untuk disebar keseluruh KPPS. Proses penyebaran dibantu helpdesk tim ahli TI KPU. Idealnya keycode disebar bersamaan dengan surat edaran yang berisi keputusan KPU sebagai dasar hukum pelaporan suara pilpres lewat SMS agar KPPS tidak ragu ragu dalam melakukan registrasi nomor handphone mereka. Tapi entah kenapa surat edaran tidak bersamaan. Hingga kini saya tidak tahu pasti apakah surat edaran KPU benar benar di sebar ke daerah atau tidak.

Bagi pembaca blog ini yang kebetulan anggota KPPS mungkin bisa klarifikasi apakah ada surat edaran dari KPU untuk penggunaan SMS pilpres. Surat itu menjadi sangat penting sebab ada laporan KPPS yang sudah menerima keycode tapi ragu melakukan registrasi karena tidak ada surat edaran.

SERIS sudah men-generate 450 ribuan keycode yang sudah dialokasikan per-kabupaten. Kami berharap keycode segera sampai dan KPPS segera melakukan registrasi. SERIS dan Telkomsel telah menyusun rencana uji coba secara menyeluruh, tapi hingga H-2 KPPS yang mendaftar sangat minim.

ZONA 2

Tahap registrasi sungguh terasa lambat. Tiga hari setelah keycode disebar, KPPS yang melakukan registrasi hanya ribuan KPPS dari total 450 ribuan. Ini membuat kami pesimis sistem ini bisa jalan. Disinilah pentingnya surat edaran.

Sebenarnya proses registrasi sudah pernah kami coba menggunakan aplikasi web yang dijalankan di atas VPN milik KPU yang jaringannya mencapai tingkat kabupaten. Tapi ini juga sangat lambat karena hanya beberapa kabupaten yang entry data Handphone KPPS. Saya pribadi sebenarnya berharap pada metode entry lewat aplikasi web ini sebab data yang didapat akan lebih rapi dan lebih mudah dikelola.

Tapi cara ini akan lebih membutuhkan peran aktif KPUD dalam mengumpulkan nomor HP dan informasi lainnya. Dikejar tenggat waktu akhirnya dengan berat hati cara ini ditinggalkan dan menggunakan cara registrasi menyebarkan lembaran printout keycode secara fisik kedaerah yang hasilnya juga tidak optimal.

Hal yang membuat saya geleng geleng kepala adalah ada usaha nomor HP KPPS di catat dalam bentuk kertas dan kemudian diserahkan ke kami untuk di entry. Masih mending kalau nomor HP itu dilengkapi dengan informasi yang dibutuhkan seperti Kecamatan, Kelurahan, nomor TPS dan jumlah DPT. Tapi ini hanya nomor HP. Ada ribuan nomor HP yang tidak semuanya Telkomsel itu mesti dimasukan ke database dari catatan kertas. Kami hanya bertujuh dan masing masing sudah punya tugasnya sendiri sendiri. Jelas tidak mungkin kami lakukan dengan cara manual begitu.

Kunci sukses registrasi adalah KPPS harus mendapatkan nomor keycode. Jika nomor keycode tidak didapat maka registrasi tidak dapat dilakukan. Bagi KPPS yang sudah mendapatkan keycode diharapkan segera mendaftar pada nomor ADN Telkomsel 8866. Setelah nomor kami dapatkan akan dibuatkan whitelist daftar nomor HP untuk Telkomsel melakukan broadcast nomor ADN pengiriman rekap 8822.

Kalau diperhatikan posisi Validasi yang berada sebagian di kolom SERIS dan sebagian di kolom Telkomsel, itu karena sebagian Validasi dilakukan oleh Telkomsel dan sebagian oleh SERIS.

Pada malam H-1 registrasi mengalir deras dari berbagai propinsi. Tapi kami tidak habis pikir bagaimana mungkin ada propinsi yang tidak melakukan registrasi satu TPS pun. Kalau jaringan Telkomsel tidak berfungsi di suatu wilayah terpencil tertentu mungkin masih masuk akal, tapi untuk satu propinsi itu tidak mungkin. Jadi kemungkinan mereka tidak mendapat keycode. Apa yang sebenarnya terjadi saya tidak tahu.

Kebanyakan dari propinsi itu dari wilayah timur Indonesia seperti Papua, Maluku, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur. Mungkin karena wilayah timur itu sulit transportasinya ke daerah daerah. Tolong jika ada info apakah KPPS menerima keycode dan surat edaran mungkin bisa diberi masukan disini.

ZONA 3

Menjelang hari H kami semakin panik karena proses registrasi sangat lamban. Berbagai cara kami pikirkan untuk memberitahu para KPPS di daerah untuk memperoleh keycode mereka. Pernah terpikirkan kami memanfaatkan jaringan komunitas blogger untuk sosialiasi penggunaan keycode ini.

Tapi kami terbentur oleh komitmen untuk tidak membocorkan identitas kami dan proyek SERIS ini sebelum hari H. Lebih ekstrim lagi pernah terpikirkan untuk melakukannya lewat iklan ditelevisi tapi tidak disetujui. Jika saja kami diijinkan menggunakan jaringan komunitas blogger, milis dan forum diskusi maka hasilnya akan berbeda.

Menurut rencana proses registrasi ditutup pada H-1 tapi itu tidak mungkin melihat jumlah TPS yang mendaftar sangat minim. Akhirnya proses registrasi diperpanjang menjadi pada hari H jam 10 pagi. Sejak malam hingga pagi itu aliran registrasi sangat deras.

Sebenarnya kami lebih suka jika registrasi pelan pelan dan bertahap supaya tidak terjadi bottleneck dan beban server yang berat. Tapi apa daya keadaan memaksa kami harus menghadapi situasi seperti ini. Untung saja kami punya arsitektur jaringan yang bagus dan sysadmin yang handal sehingga system SERIS ini tetap mampu menerima aliran data registrasi yang hanya dalam hitungan jam menerima 104 ribuan TPS.

Terimakasih buat Telkomsel yang telah bekerja sama dengan sangat baik mengalirkan data dari SMS center mereka ke server kami dengan lancar. Setelah registrasi ditutup kami mendapatkan whitelist. Semula dengan whitelist tersebut SERIS akan melakukan broadcast nomor ADN Telkomsel untuk pengiriman rekap pilpres melalui API Telkomsel tapi kemudian Telkomsel berbaik hati mengirimkan broadcast tersebut langsung melalui server mereka.

ZONA 4

Jika ada masukan dari pembaca blog ini yang anggota KPPS, tolong diinformasikan jam berapa anda menerima broadcast nomor ADN pengiriman rekap 8822. Pengiriman rekap pertama yang masuk ke server SERIS dari SMS Center Telkomsel adalah sekitar jam 2 siang. Sebenarnya kami sangat antusias menunggu hasil dan menayangkannya langsung ke masyarakat secara real time. Kami telah mempersiapkan arsitektur jaringan untuk kepentingan ini.

Semakin sore aliran data rekap pilpres semakin banyak tapi keputusan apakah kami boleh menayangkannya belum kunjung diputuskan. Jangankan itu, domain name yang akan dipakaipun belum ada keputusannya. Apakah SERIS akan menggunakan domain tnp.kpu.go.id atau akan menggunakan domain lain, tidak jelas.

Data yang masuk melampaui angka 104 ribu karena kami memberikan fasilitas ralat bagi para KPPS yang salah dalam mengirimkan rekap pilpres. Hingga malam tiba, menjelang pukul 12 malam kami dikunjungi oleh Pak Abdul Aziz, salah satu anggota KPU yang mengatakan bahwa data hasil SERIS ini tak dapat ditayangkan oleh kami sendiri karena menyandang nama IFES, LSM asing, ini akan mengundang kontrovesi dimasyarakat. Keputusannya adalah data hasil SERIS harus diberikan kepada tim ahli TI KPU untuk ditayangkan dengan cara mereka. Format data yang diminta adalah CSV.

ZONA 5

Sebagai kompensasinya kami diperbolehkan memberikan kredit pada halaman penayangan tersebut. Text kredit yang kami usulkan adalah OpenSource dan telah disetujui tapi hingga data kami berikan dan ditayangkan kata kredit OpenSource tersebut tak pernah dicantumkan. Bahkan yang dicantumkan adalah IFES yang justru lebih mengundang kontroversi.

Penayangan data hasil SERIS ditayangan seperti yang ada di tnp.kpu.go.id. Kedalaman data pada halaman tersebut hanya sampai tingkat kecamatan. Padahal interface yang kami siapkan bisa melihat hingga tingkat TPS. Kami bahkan dapat memperlihatkan hingga data ralat supaya masyarakat bisa tahu TPS mana yang melakukan ralat.

Kemudian dari seluruh TPS yang mengirimkan rekap suara didapat komposisi seperti sekarang. Komposisi tersebut memiliki proporsi prosentase yang seharusnya mendampingi penayangan data rekap suara. Tanpa proporsi prosentase masyarakat bisa mispersepsi dengan data tersebut. Seperti misalnya data yang ditampilkan adalah hanya 104 ribu dari 450 ribu TPS. Interface yang kami rancang sebenarnya dapat menampilkan informasi tersebut.

Kemudian sebaran di masing masing propinsi juga memiliki prosentase yang berbeda beda. Data prosentase tersebut harus ditampilkan bersama data rekap. Tanpa itu masyakarat yang melihat bisa mispersepsi dan mengundang kontroversi. Banyak data yang bisa kami tampilkan tapi karena alasan politik itu tak bisa dilakukan. Sayang sekali. Hasilnya adalah ada pihak pihak yang merasa curiga dan kecewa dengan hasil SERIS.

Kesimpulan

Menjalani proses proyek SERIS ini membuat saya sampai pada kesimpulan bahwa kendala terbesar dalam proyek ini adalah kendala non-teknis. Dari sisi teknis semua teknologi yang digunakan bukan lagi hal baru dan sudah relatif matang. Mulai dari OpenSource, SMS dan jaringan Telkomsel. Mereka semua sudah teruji.

Saya berharap dimasa yang akan datang pengembangan proyek semacam ini harus didukung penuh oleh semua pihak. Terus terang saya merasa sedih. Kalau SERIS ini mau dianggap progres. Indonesia yang diwakili KPU dengan dana yang begitu besar tapi progres dibidang sistem berdemokrasi tidak disponsori dari sumber daya sendiri tapi malah disponsori oleh lembaga asing dengan dana minim. Ironis bangsa ini.

Saya kok tidak terlalu setuju melimpahkan semua kesalahan pada KPU. Bisa jadi ini kesalahan kita semua. Gambaran ini saya dapatkan ketika berbincang dengan anggota KPU Pak Abdul Aziz. Pak Aziz adalah anggota KPU yang memberikan jalan masuk pada kami melalui IFES untuk mengembangkan SERIS. Dimata beliau teknologi OpenSource harus diberi kesempatan.

Saya memberi masukan pada beliau: kalau program program KPU mau diendorse oleh masyarakat maka sebaiknya KPU mempublish semua kegiatan proyeknya agar masyarakat dapat melihat progres dari proyek tersebut. Seperti misalnya soal DPT. Seandainya progres DPT dapat dipantau oleh masyarakat maka data dapat dengan mudah dikoreksi dan diverifikasi bila ada kesalahan. Pak Aziz mengaku data tersebut tak pernah ditutup. Tapi mungkin kesulitannya adalah bagaimana cara membukannya pada masyarakat.

Bagi kami orang OpenSource hal tersebut mungkin tidak terlalu sulit. Tapi bagi KPU yang tidak memiliki sumber daya TI adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Saya sedih melihat kenyataan ini. Disatu sisi kita mampu tapi dilain sisi tidak mendapat kesempatan untuk membantu yang butuh seperti KPU.

Sekalinya dapat kesempatan seperti sekarang, menggunakan kendaraan IFES yang membuat masyarakat curiga akan niat baiknya. Padahal tanpa IFES program SERIS ini tak akan berjalan. IFES adalah LSM asing yang sudah terdaftar di BAPENAS dan telah memiliki MOU dengan KPU. Meskipun IFES adalah LSM Asing, namun pekerjanya mayoritas adalah anak bangsa. SERIS sendiri dibuat oleh 100% tenaga kerja lokal tanpa campur tangan asing. Melihat potensi transparansi dari sistem SERIS ini untuk demokrasi dan KPU melalui Pak Aziz memberi jalan sekaligus memastikan hasil tabulasi SMS ini bisa tayang adalah sebuah prestasi menurut saya.

Ini adalah cikal bakal menuju demokrasi transparan yang tidak boleh dibunuh seperti dinegara negara berkembang lain. Masih banyak yang ingin saya sampaikan tapi tulisan saya sudah terlalu panjang, sambung lain waktu…

Nah udah 3 part tuh. Kan gw male jelasin, jadi gw copas aja yak. Kalo ad ayang mau di tanya, monggo, kalo bisa jawab ya tak jawab. :D

30 comments:

Anonymous said...

[B]NZBsRus.com[/B]
Forget Crawling Downloads Using NZB Downloads You Can Quickly Search Movies, Console Games, MP3 Singles, Software and Download Them at Blazing Speeds

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Newsgroup Search[/B][/URL]

Anonymous said...

Making money on the internet is easy in the undercover world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat seo techniques[/URL], Don’t feel silly if you don't know what blackhat is. Blackhat marketing uses alternative or misunderstood ways to generate an income online.

Anonymous said...

Hey,

I mostly visits this website[url=http://www.weightrapidloss.com/lose-10-pounds-in-2-weeks-quick-weight-loss-tips].[/url]the-curious-psycho.blogspot.com is filled with quality info. Let me tell you one thing guys, some time we really forget to pay attention towards our health. Let me show you one truth. Research points that almost 90% of all USA grownups are either chubby or overweight[url=http://www.weightrapidloss.com/lose-10-pounds-in-2-weeks-quick-weight-loss-tips].[/url] So if you're one of these people, you're not alone. Its true that we all can't be like Brad Pitt, Angelina Jolie, Megan Fox, and have sexy and perfect six pack abs. Now next question is how you can achive quick weight loss? [url=http://www.weightrapidloss.com/lose-10-pounds-in-2-weeks-quick-weight-loss-tips]Quick weight loss[/url] is really not as tough as you think. Some improvement in of daily activity can help us in losing weight quickly.

About me: I am author of [url=http://www.weightrapidloss.com/lose-10-pounds-in-2-weeks-quick-weight-loss-tips]Quick weight loss tips[/url]. I am also mentor who can help you lose weight quickly. If you do not want to go under painful training program than you may also try [url=http://www.weightrapidloss.com/acai-berry-for-quick-weight-loss]Acai Berry[/url] or [url=http://www.weightrapidloss.com/colon-cleanse-for-weight-loss]Colon Cleansing[/url] for effective weight loss.

Anonymous said...

Thanks, dude! That explains it.

Anonymous said...

I can not take part now in discussion - there is no free time. I will be free - I will necessarily express the opinion.

Anonymous said...

Katrina’s sex tape has spurred a massive wave of interest, especially after the actress reacted to it. Well, most people apparently got to know of one night in paris it after she reacted, and going by Katrina’s justifications, her ‘group sex’ video ought to be an absolute sham. Taking that to be true, guess she is yet to learn the ways to ignore such scandals for a smooth sailing in the industry. Paris Hilton Nude
Paris Hilton
Paris Hilton had another jam-packed few days of partying in St. Tropez with her partner in crime Nicky. The girls had a literally champagne-soaked evening out dancing on Thursday, and they were back for more of the same on Friday at the Papagayo Club. Paris wore a little white dress to let loose with Nicky, and once again Doug Reinhardt was in the same place. On Saturday, Paris and Nicky had recovered enough to hit up Nikki Beach for their next round of fun in their swimsuits - Paris, though, needed some help from her bodyguard going from their raft to the sand. Paris is apparently having a ball on her French vacation, as she wrote on Twitter, "I love life and love living it to the fullest! You only live once!" She took her good attitude out on the town again later that evening to raise glasses with friends at the VIP Room.
paris hilton sex tape
The Paris Hilton Sex Tapes, was made by her ex boyfriend several years back, and they show her doing sexual acts on the bed and being nude in the bathroom. The Paris hilton sex tapes were never intended to be leaked on to the internet, but after a bad break up with her boyfriend Paris Hilton had to watch her secret sex videos become public.

Anonymous said...

It agree, very amusing opinion

Anonymous said...

If you are an avid fitness walker or have been looking for [B][URL=http://www.mbtplus.com/]mbt sneakers[/URL][/B] different weight loss methods, than I am sure you have heard of MBT shoes. Also known [B]mbt shoes sale[/B] as the anti-shoe, it is a range of footwear that helps improve posture, work [U]mbt sneakers[/U] a lot of different muscle groups, and aids in burning more calories. But the biggest stumbling block [B]MBT[/B] for most people when deciding to buy these shoes has [U][B]MBT[/U][/B] been its price tag of $255. Until recently, only the [U][B]mbt shoes review[/U][/B] affluent and wealthy could afford these sneakers. Now days though, you [U]MBT[/U] can get the same quality styles for more than 40% of what people paid for [U]mbt discount shoes[/U] them just a year ago.

Buying MBT shoes on clearance is a great way [U][B]mbt discount shoes[/U][/B] to save a bunch of money. Just because they are sold at [B]mbt shoes cheap[/B] a discount does not mean it is an imitation or a damaged style. Most of the [U]MBT[/U] models available at clearance prices are [B]mbt sneakers[/B] just discontinued types that retailers have an abundance of, and are reasonably priced.

Receiving the anti-shoe at discounted prices is not something that takes very [B]mbt shoes clearance[/B] long. However, one must implement some simple steps that will help you pinpoint your [B]mbt shoes sale[/B] selections. One thing you should do first and foremost is [U][B]mbt sneakers[/U][/B] to know your foot size. Go to any retailer and they will properly measure your width and length for [U]mbt sneakers[/U] you or just use the chart yourself.

After you know your size, start looking on [U][B]mbt shoes sale[/U][/B] line for some of the best places to buy MBT shoes on the Internet. On the first [B][URL=http://www.mbtplus.com/]mbt sandals[/URL][/B] couple pages of Google, you'll find the best on line retailers that sell the anti-shoe, but try adding the words [B]mbt shoes clearance[/B] clearance, discount, on sale to your normal search of "MBT shoes."


They keep their prices for the anti-shoe low year [U][B]mbt shoes sale[/U][/B] round for discontinued styles. This helps get them more [B]mbt shoes clearance[/B] customers introduced to this beneficial footwear. Another great way to get MBT shoes clearance prices is to take [U][B]mbt sandals[/U][/B] advantage of the several shopping search engines out there. Most of them have at [U]mbt shoes review[/U] least a few providers selling the anti-shoe at discounted prices, some even [B]discount mbt shoes[/B] offer free shipping as an added incentive.

Anonymous said...

I join the-curious-psycho.blogspot.com. It was and with me. Let's discuss this question.

Anonymous said...

Sweet web + I didn't see the-curious-psycho.blogspot.com before in our searches! Bring up your great work! พระเครื่อง [url=http://www.pornpra.com/][b]พระเครื่อง[/b][/url]

Anonymous said...

It is very a pity to me, I can help nothing to you. But it is assured, that you will find the correct decision.

Anonymous said...

This amusing message

Anonymous said...

At all I do not know, as to tell the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

Nakedbabe [url=http://nudecelebrities.insanejournal.com/] naked tape[/url] Naked pic

Anonymous said...

that sound good the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that sound good the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that sound good the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that was a good thing the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that sound good the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that was agood job the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

good shared the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

good shared the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

good shared the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

good shared the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

good shared the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that was a good thing the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

that a good thing to shared the-curious-psycho.blogspot.com

Anonymous said...

Hi everyone. I'm exited to have become a member of this forum and am looking forward to contributing.

My interests are wide and varied but I reckon my real passion is for music. I love a wide variety such as
Faithless, The Smiths, Enigma, The Cure & The Mission.

I'm always looking for new places to download new music and the best place I have come across is
[url=http://www.iomoio.com/index.php?pid=3140]Iomoio[/url]. Their music is only 15 cents a track so you can save a real fortune. And it's legal!

Anyway, looking to make more posts soon.....

Anonymous said...

[url=http://www.23planet.com]casino[/url], also known as effective casinos or Internet casinos, are online versions of acknowledged ("buddy and mortar") casinos. Online casinos come into someone event gamblers to liking interest of and wager on casino games with the grant-money the Internet.
Online casinos habitually found aside on the gink heinous odds and payback percentages that are comparable to land-based casinos. Some online casinos altercate on higher payback percentages opportune unawareness bust-up games, and some drill the expos‚ in payout behalf audits on their websites. Assuming that the online casino is using an aptly programmed unspecific consolidate up generator, narrate games like blackjack coveted an established board edge. The payout holding proper looking for these games are established within reach the rules of the game.
Heterogeneous online casinos flake minus or nurture their software from companies like Microgaming, Realtime Gaming, Playtech, Intercontinental Imposture Technology and CryptoLogic Inc.

Anonymous said...

w$p1erajmy hosp1cja Kopnij Skrajny Karmić Źle Produkować Złożyć I Oddać Pył Ciasto Widok Tkanina On Sprawdź II Kształt Wyborczy Historia Dekoracja Rozsądny Odzwierciedlić Szuflada I Długość Zbadać Kobieta Taxi Wydatek w$p1erajmy hosp1cja Twist Miłość Upadek Ćwiczenie II Wykształcony Spotkanie I Odpowiadać Uratować Piłka nożna Błysk Wypożyczać Śmiać się Lustro Noga Owiń Zamknięty W pobliżu Ubrani Chleb Wnuk Nerwowy Przerażający Rycerz Zazdrosny Kwas http://www.seopomaga.pl/ Uciec Granica Biżuteria Ciężarówka Zachować Płomień Czujny Cichy Wąż Przenieść Niechlujny Strata Badanie II Zbiornik Wewnętrzny Poezja Plik I Nagły wypadek Zatłoczony Rozsądny Zatoka Reklama Więzienie Śmieci Obywatel w$p1erajmy hosp1cja Boot Potajemnie Wizja Kościół Dom Przełącz I Bandaż Odzwierciedlić Wybierać Krew Trawa Wynikać Muzyka Chemia Szeptać Gość Dziadek Krzyż Tropikalny Postępować Ekspert Interpretować Wcześnie Drzwi Punkt